Monday, February 27, 2017

Apakah seni ada batas nya? (Tanggapan tentang #makanmayit)


Minggu malam instagram tiba-tiba heboh sama hashtag #makanmayit . Hashtag yang super creepy buat banyak orang, pas pertama baca langsung inget sama Mr Sumanto, Hannibal Lecter nya Indonesia, orang yang pernah bikin heboh Indonesia tahun 2003.

Setelah gue coba cari-cari info soal #makanmayit di twitter & instagram akhirnya end up di akun instagram nya pemilik acara #makanmayit @roodkapje a.k.a Natasha Gabriella Tontey. Pertama kali buka akun itu ternyata akunnya dilock, jadi gabisa liat apa isi nya, beruntung ada link wawancara dia sama Vice Indonesia, disitu dia cerita tentang latar belakang kenapa dia adain acara #makanmayit ini.

Gue ga mau cerita apa yang udah ada di wawancaranya dia sama vice, gue mau bahas tentang reaksi netizen di instagram & twitter tentang #makanmayit ini.

Sebelum itu, mari samakan perspektif, gue ga pro si Natasha ini dan ga juga kontra, kenapa? Buat apa gue dukung, gue ga kenal dia dan kalo gue dukung gue bakalan diserang netizen, gue ga kuat meeen diserang-serang gitu di social media, tadi aja pas gue komen "guys pada tau kan ini bukan asli" di salah satu foto yang isi nya komentar kontra acara ini, ada yang nyerang gue, dia bilang gue ga peka, ga mikirin perasaan perempuan terutama ibu.

Cmooooon gila apa gue ga mikirin perasaan perempuan terutama ibu? I'll jump from eurostar if my mom asked me, like seriously.

Jadi mari berasusmi gue netral, dan memang gue netral.

Kebanyakan netizen yang ga setuju acara ini berkomentar kalo si seniman ini gila, cendrung ke psikopat karena bisa-bisa nya ngadain acara yang gila kaya gini. Selain bentuk makanannya mirip fetus (janin) bayi, ternyata menurut Natasha, bahan baku yang dipake juga cukup ganjil, ada keju hasil fermentasi asi & roti dengan bakteri dari ketek bayi, disajikan di dalam boneka bayi yang termutilasi dan dibredel sebagai piring.

Boleh aja kok lo ga setuju sama suatu hal, sama suatu pemikiran orang, sama cara dia berprilaku atau apapun deh, asal satu, jangan fisiknya, jangan sesuatu yang dia gabisa ubah, nah gue masih liat ada netizen yang menghina si Natasha ini ke arah fisiknya, kalo kita tadi ga setuju sama dia karena dia ga peka karena pake bayi sebagai objek dan membawa-bawa embel seperti "sebagai wanita" "sebagai ibu" "sebagai orang normal" harusnya jangan hina dia ke arah fisiknya. Silakan aja ga setuju sama cara dia representasikan karya nya.

Gue orangnya agak jijik-an, dulu ada tren makan di mangkok bentuk kloset gue geli, tapi yang ini gue ga begitu jijik sih, cuma kalo diajak makan gue ga mau aja.

Komentar di akun instagram Natasha (@roodkapje) penuh sama hujatan netizen yang ga setuju dan menganggap kalo Natasha dan ekspresi seni nya udah kelewatan, kejauhan melencengnya, ga sesuai sama budaya Indonesia.

Terus timbul pertanyaan di otak gue, apakah memang seni ada batas nya atau engga? Gue gatau jawaban pasti nya apakah seni ada batasnya atau ga, tapi menurut gue sekarang adalah: seni itu ga ada batas nya, yang ada batasnya adalah pelaku seni nya. Si seniman ini punya batas sebagai manusia dengan hubungan antara sesama, budaya tempat dia melakukan pentas seni nya, dan banyak hal lainnya yang membuat si seniman itu menjadi terbatas dalam berekspresi.

Lucunya kreatifitas itu justru keluar ketika semua serba terbatas, ketika banyak tembok di sekeliling nya. Gue pernah diskusi sama temen gue tentang ini, dia menganalogikan ada 2 orang yang sama-sama hebat dalam berkesenian, yang satu dikasih semua fasilitas terbaik yang bisa didapatkan dan yang satu lagi dimasukin ke ruang isolasi dan hanya dikasih pensil dan kertas. Dua-dua nya diminta buat satu karya seni, bebas apapun juga dengan peralatan yang udah dikasih. Kalo orang pertama yang dikasi semua fasilitas bikin karya spektakuler tentu orang akan bilang wajar, karena semua fasilitas menunjang, tapi kalo orang kedua yang buat karya seni yang bagus banget (ga spektakuler) tentu orang akan sangat kagum, karena dengan keterbatasan fasilitas dia masih bisa bikin karya yang oke. 

Gue belom yakin sama jawaban yang gue temukan sih sebenernya tapi akan gue sempurnakan karena ini harus gue tau jawaban pasti nya, gue juga berkarya, gue buat sesuatu dan gue ga mau kalo ternyata karya gue malah buat gue ga nyaman, gue bukan orang yang kuat dikritik haha, kalo gue jadi kaya Young Lex atau Awkarin gitu gue ga kuat sih hahaha.

Mari bijak berkarya dan mari bijak bersosial media.

Yaudah sampe sini dulu ya, mungkin bakalan gue bahas di backstage talk episode 2 kali ya masalah ini.

No comments:

Post a Comment